Menstimulus anak suka membaca #4

Hari ini Kayy belajar menggosok gigi melalui bukunya. Saya menceritakan pentingnya menggosok gigi dan bagaimana cara menggosok gigu melalui bukunya. Lalu setelah itu terdapay gambar gigi di buku teraebut yang kami ibarat sebagai mulut Kayy daaannn… kami sikat bersama. Setelah praktek dibuku teraebut lalu Kayy praktekan pada mulutnya.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

*Bunda Sayang*
*Ibu Profesional*
*IIP*
*For Things To Change, I Must Change First*

Advertisements

Menstimulus anak suka membaca #3

Terkadang membeli buku anak anak yang berkualitas benar benar menguras kantong. Sebulan sekali kami memberikan budget khusus untuk membeli buku. Bukan hanya buku untuk Kayy namun juga buku untuk kami. Kami berkeinginan ketika Kayy berusia 7 tahun nanti dia sudah mengatamkan setidaknya 42buah baik itu melalui dibacakan ataupun dia baca sendiri. Dengan begitu setidaknya akan lebih banyak kosakata yang dia miliki dalam keseharian yang dapat membantunya memahami komunikasi dengan lebih baik. Pernah saya baca sebuah buku mengenai read aloud hand book, bahwa setiap buku yang kita bacakan kepada anak kita membantu anak kita memiliki perkembangan intelegent yang baik. Namun saya optimis bahwa membaca tidak harus selalu melalui buku. Apapun bisa meningkatkan intelegentnya dan merangsang rasa penasarannya. Termasuk juga brosur brosur berwarna dari toko obat maupun wisata. Sering saya ambilkan untuknya hanya untuk sekedar membuat dia meminta saya menceritakan ada apa di dalam isinya. Semoga penasarannya itu akan berlanjut hingga nanti Kayy bisa membaca sendiri.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

*Bunda Sayang*
*Ibu Profesional*
*IIP*
*For Things To Change, I Must Change First*

Menstimulus anak suka membaca #2

Saya dan suami adalah dua orang yang sebenarnya suka membaca dan membeli buku, namun seiring perkembangan waktu kebiasaan membaca kami mulai tergantikan dengan aktivitas lain seperti tidur, bermain dengan anak, kerja, aktivitas domestik yang padat hingga kehadiran gadget si pendominasi. Namun kebiasaan kami membeli buku ternyata tidak terpengaruh, menjadikan banyak buku-buku baru menjadi tidak terbaca tepat waktu. Sejujurnya kami sering mendiskusikan betapa pentingnya menanamkan minat baca pada anak-anak. Meskipun untuk realisasinya masih sedikit kualahan. Namun salah satu upaya kami untuk memotivasi anak-anak kami agar senang membaca adalah dengan tidak adanya televisi dirumah. Saya dan suami berharap anak anak kami kelak lebih memilih membaca daripada menonton TV.

Dan untuk penggunaan gadget saya lebih memilih mengalah dan membiarkan suami yang lebih sering bermain gadget. Karakter suami yang membuat saya harus tegar dan bersedia sedikit mengorbankan kesenangan dengan gadget ternyata cukup membantu saya untuk membacakan buku dan tulisan ke anak saya. Saya memilih mengurangi sekali gadget time saya karena saya ingin memberi contoh pada anak saya bahwa ini lho umi ngga main gadget terus pun bisa hidup.

Namun terkadang memang sulit membuat anak – anak tidak tertarik pada gemerlapnya layar hape. Sering kali dia merengek meminta ikut menonton ketika ayahnya bermain gadget. Hal itu saya siasati dengan memutarkan video yang berhubungan dengan buku yang dia baca hari ini.

Sebagai contoh hari ini kami membaca buku mengenai Nabi Yunus a.s. Maka saya akan carikan gambar ikan paus sungguhan di channel national geography atau channel lain yang memperlihatkan hewan tersebut. Ternyata usaha saya tidak sia sia, biasanya Kayy akan segera mengambil bukunya lagi dan membuka bukunya sambil menonton ikan paus.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

*Bunda Sayang*
*Ibu Profesional*
*IIP*
*For Things To Change, I Must Change First*

Menstimulus anak suka membaca #1

Kayyisah putri saya inn syaa Allah akan berusia 2 tahun sebentar lagi. Kami berencana akan membelikannya buku ensiklopedia anak ketika usianya 2 tahun. Untuk kami harga buku ensiklopedia itu cukup mahal jadi kami membelikannya pada momment tertentu saja.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Kayy dibelikan buku. Semenjak usianya akan memasuki 2 tahun kami bersepakat untuk membelikannya real book. Kami pikir dia akan menyukainya dan ternyata dia memang menyukainya.

Yang saya tahu tak mengapa membacakan buku untuk anak kita meskipun dia belum bisa membaca. Karena membacakan buku untuknya akan membuat dia semakin banyak memiliki kosa kata. Jika anak memiliki banyak kosa kata maka dia akan lebih mudah memahami berbagai hal termasuk ketika dia bersekolah nanti.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

*Bunda Sayang*
*Ibu Profesional*
*IIP*
*For Things To Change, I Must Change First*

Gaya belajar anak part#9

Setiap kali memasak saya seringnta melibatkan Kayy. Hal ini sering saya lakukan karena saya ingin dia bersemangat makan ketika mengetahui dan ikut memproses makanan yang dia makan.

Dan disaat itulah dia juga belajar mengenl bahan – bahan makanan. Tak jarang proses memasak jadi lebih lama dan menjadi lebih ribet. Namub tak mengapa yang terpenting Kayy bisa belajar sesuatu yang baru.

#harike9
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Gaya belajar anak part#10

Belum jelas siapa yang dia tirukan tapi seringkali saya melihat dia bermain telphone dan gawai mainan. Belum tahu gaya siapa yang dia tirukan namun setiap kali berpura – pura menelphone selalu saja telephone atau gawainya diletakan di atas kepala.

Berkali – kali kami sudah ingatkan dan mencontohkan bagaimana seharusnya, namun dia tetap saja mengulanginya lagi. Sampai pada akhirnya karena kami sudah terlalu sering mengingatkannya jadi kami biarkan saja dia begitu. Hal berubah ketika dia menerima telphone sungguhan dari eyangnya. Karena speakernya harus d letakan di telinga akhirnya dia jadi bisa sendiri.

#harike10
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Gaya belajar anak part#8

Anak – anak itu belajar ketika mereka sedang bermain. Sepertinya memang begitu. Ketika saya amati anak saya dan rasa penasarannya terhadap barang – barang yang belum pernah dia lihat atau belum pernah dia mainkan maka saya tahu dia sedang belajar.

Seperti ketika dia menemukan lampu baca saya. Dia tidak tahu apa itu atau bagaimana menggunakannya hingga dia nampak terkejut ketika saya nyalakan. Melihatnya belajar dan mengikuti rasa penasarannya membuat saya terus ingin memperkenalkan hal-hal baru padanya. Saya jadi bersemangat untuk memgajarinya nama nama benda dan hewan juga bagaimana fungsi serta kegunaanya.

#harike8
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Gaya belajar anak part#7

Hari ini eyang Kayy di semarang mengirimkan hadiah untuk Kayy berupa poster huruf jiaiyah. Kayy nampak penasaran sekali dengan gambar gambarnya. Saya coba melafalkan hurufnya

Alif, ba , ta, tsa, jim.. ” sembari saya tunjukan hurufnya dan saya ulang 3x.

Lalu tiba tiba dia mengikuti kata kata saya

Ba, ta, tsa, zim..” sambil menirukan gerakan saya.

Meskipun tidak lengkap namun saya dibuat kagum dengan kecepatannya menirukan saya mengucap huruf hijaiyah.

#harike7
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Gaya belajar anak part#6

Sering sayaa ingatkan Kayy untuk makan dengan tangan kanan. Namun seringnya dia lupa dan nampak tidak perduli. Sampai akhirnya saya menemukan video tentang adab makan di youtube dan saya putarkan padanya.

Alhmdulilah dia paham dan mengerti mana tangan kanan dan kiri. Bagaimana cara makan yang dicontohkan oleh Rasul. Sering saya putar videonya dan dia nampak senang dan mengerti dengan cerita di video itu.

#harike#6
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Gaya belajar anak part#4

Hari ini saya bertekad untuk menertibkan pola sikat gigi sebelum tidur pada Kayy. Awalnya saya berpikir akan memulainya setelah dia berusia 2 tahun yaitu setelah selesai menyapihnya. Namun gigi Kayy sekarang sudah banyak dan makanannya pun sudah bermacam macam sehingga dimulai lebih cepat sepertinya akan lebih baik untuk pencegahan.

Kayy sebenarnya sudah saya latih untuk gosok gigi sendiri setiap akan tidur. Namun terkadang Kayy rewel ketika akan tidur sehingga tidak memungkinkan untuk kegiatan tersebut. Ditambah lagi saat ini dia sering minta camilan pada malam hari seperti biskuit jadi mungkin melatih dia untuk berkumur jauh lebih efektif ketimbang harus gosok gigi bolak balik.

Jujur saja Kayy ini belum bisa menyikat giginya dengan benar. Setiap sikat gigi airnya selalu diminum duluan atau setidaknya dia hisap hisap dari sikatnya. Dan ketika diberikan contoh menyikat gigi maka Kayy akan menjulurkan lidah dan menyikat lidahnya. Sudah berkali kali kami beri contoh padanya melalui berbagai cara. Mulai memperkebalkan gigi, lidah dan mulut juga sudah. Sikaf gigi bersama di depan cermin juga sudah. Namun tetap saja belum bisa menyikat giginya. Meskipun hampir setiap malam dia menggosok giginya namun caranya belum benar.

Cara belajar anak memang berbeda beda mungkin saya saja yang belum menemukan bagaimana cara yang tepat untuk mengajarinya gosok gigi.

#harike4
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP